Thursday, May 12, 2011

PENERIMAAN CALON TARUNA DAN TARUNI AKPOL TA. 2011

Seleksi Penerimaan Calon Taruna dan Taruni Akpol T.A. 2011 dengan ketentuan dan persyaratan sebagai berikut :
a. Jumlah peserta didik 400 orang terdiri atas 350 pria dan 50 wanita.
b. Pembukaan pendidikan tanggal 19 Agustus 2011.
c. Lama pendidikan 4 (empat) tahun di Akademi Kepolisian Semarang Jawa Tengah.
d. Seleksi penerimaan dilaksanakan di Panda dan Panpus.
e. Ketentuan penerimaan:
    1) Para calon harus memberikan keterangan yang sebenarnya (bukan keterangan palsu 
    dan atau tidak benar) dalam rangka penerimaan Taruna dan Taruni Akpol.
    2) Para calon harus melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan seleksi dengan 
    sungguh-sungguh dan bersih (hindari masalah suap dan sponsor, yang justru 
    akan merugikan calon).
    3) Dalam rangka pelaksanaan seleksi penerimaan Taruna dan Taruni Akpol, tidak dipungut 
    biaya apapun juga.
    4) Sebelum diangkat sebagai anggota Polri, calon yang telah lulus seleksi penerimaan 
    dan telah lulus pendidikan pembentukan Taruna dan Taruni Akpol wajib mengucapkan 
    sumpah atau janji menurut agama dan kepercayaannya.
   
    5) Setelah diangkat sebagai anggota Polri, wajib melaksanakan pelatihan magang dan 
    pembulatan di satuan kewilayahan Polri.
f. Persyaratan umum:
    1) Warga Negara Indonesia (Pria dan Wanita).
    2) Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    3) Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan 
    Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
    4) Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari institusi 
    kesehatan).
    5) Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (surat keterangan dari 
    Polres/Tabes setempat).
    6) Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.
    7) Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 
    dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas kepolisian.
g. Persyaratan pendidikan: 
    1) Berijazah serendah-rendahnya SMA/SMU/Madrasah Aliyah jurusan IPA/IPS.
    
    2) Menyerahkan fotokopi buku rapor SMA/SMU/Madrasah Aliyah yang dilegalisir oleh 
    kepala sekolah yang bersangkutan.
    
    3) Jumlah nilai rata-rata Hasil Ujian Akhir Nasional (HUAN) minimal 6,50 (enam koma 
    lima nol) untuk IPA dan minimal 7,00 (tujuh koma nol nol) untuk IPS.
    
    4) Bagi calon yang mempunyai visus mata maksimal -1 (minus satu) dan dapat dikoreksi
    menjadi normal, menggunakan HUAN nilai rata-rata 6,75 (enam koma tujuh lima) untuk
    jurusan IPA dan 7,25 (tujuh koma dua lima) untuk jurusan IPS.
    
    5) Bagi calon lulusan 2011 (yang masih duduk di kelas III) menggunakan nilai rata-rata 
    rapor kelas III semester 1 minimal 7,00 (tujuh koma nol nol) untuk jurusan IPA dan 7,25 
    (tujuh koma dua lima) untuk jurusan IPS yang disahkan oleh kepala sekolah dan 
    selanjutnya menggunakan surat tanda kelulusan dengan kriteria ”lulus”.
    6) Calon yang memiliki kualifikasi TOEFL 500 atau lebih dapat diprioritaskan dalam 
    kelulusannya.
h. Persyaratan lainnya: 
    1) Umur pada saat buka Diktuk Taruna dan Taruni Akpol T.A. 2011 tanggal 19 Agustus 2011
    minimal 16 (tahun) dengan umur maksimal SMA/SMU/MA 21 (dua puluh satu) tahun.
   2) Tinggi Badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku) :
       a) Pria : 163 (seratus enam puluh tiga) Cm.
       b) Wanita : 160 (seratus enam puluh) Cm.
   
    3) Berat badan seimbang dengan tinggi badan menurut ketentuan yang berlaku.
    4) Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan Taruna 
    dan Taruni Akpol, ditambah 2 (dua) tahun setelah lulus dan dilantik dengan pangkat Ipda.
    5) Bersedia menjalani IDP minimal selama 10 (sepuluh) tahun, terhitung mulai saat 
    diangkat menjadi Taruna dan Taruni Akpol (masa dinas surut tidak diperhitungkan).
    6) Memperoleh persetujuan dari orang tua atau wali bagi yang belum berusia 21 (dua 
    puluh satu) tahun.
    7) Tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan instansi lain.
    8) Pada saat mendaftar telah berdomisili di wilayah Polda Jabar minimal 1 (satu) tahun 
    yang dibuktikan dengan KTP setempat dan atau Kartu Keluarga, bagi yang sedang 
    menempuh pendidikan dan lulus belum 1 (satu) tahun dibuktikan dengan rapor/ijazah 
    dari sekolah yang berada di wilayah Polda Jabar.

    9) Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan/anggota Polri dengan
    ketentuan sebagai berikut :
       a) Mendapat persetujuan/rekomendasi dari kepala instansi/satuan kerja yang 
       bersangkutan.
       b) Bersedia diberhentikan dari status pegawai/anggota Polri bila diterima dan 
       mengikuti pendidikan pembentukan Taruna Akpol.
   10) Mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian di tingkat Panda dengan sistem gugur dan 
   kemudian mengikuti seleksi tingkat Panpus Mabes Polri, yang meliputi materi dan urutan 
   kegiatan sebagai berikut :
        a) Pemeriksaan administrasi awal.
        b) Pemeriksaan kesehatan (Rikkes) badan tahap I.
        c) Pemeriksaan psikologi.
        d) Pengujian akademik yang meliputi mata pelajaran : pengetahuan umum, Bhs. 
        Indonesia, Bhs. Inggris dan matematika.
        e) Pemeriksaan kesehatan (Rikkes) Badan Tahap II.
        f) Pemeriksaan dan pengujian kemampuan jasmani dan Anthropometri.
        g) Pemeriksaan administrasi akhir.
        h) Sidang penetapan kelulusan di tingkat Panitia Daerah.
11) Jadwal kegiatan Rim Catar Akpol T.A. 2011 
      a) 9 MEI S.D. 3 JUNI 2011 KAMPANYE
      b) 10 MEI S.D. 3 JUNI 2011 PENDAFTARAN CALON YG DIAWALI DGN REGISTRASI
      ONLINE KE WWW.PENERIMAAN.POLRI.GO.ID
      c) 10 MEI S.D. 7 JUNI 2011 PEMERIKSAAN ADMINISTRASI AWAL (RIKMIN AWAL)
      d) 8 JUNI 2011 PENGUMUMAN HASIL RIKMIN AWAL DAN KIRIM NOMIN HASIL KE PANPUS
      e) 9 S.D. 20 JUNI 2011 PEMERIKSAAN KESEHATAN TAHAP I
      f) 21 JUNI 2011 PENGUMUMAN & KIRIM HSL RIKKES HAP I KE PANPUS
      g) 22 S.D. 24 JUNI 2011 PEMERIKSAAN PSIKOLOGI
      h) 25 JUNI 2011 PENGUMUMAN DAN KIRIM HASIL RIK PSIKOLOGI KE PANPUS
      i) 27 S.D. 28 JUNI 2011 UJI AKADEMIK
      j) 28 JUNI 2011 PENGUMUMAN HASIL UJI AKADEMIK
      k) 29 JUNI 2011 KIRIM HASIL UJI AKADEMIK KE PANPUS
      l) 1 S.D 5 JULI 2011 PEMERIKSAAN KESEHATAN TAHAP II (UJI KESEHATAN DALAM/LAB)
     m) 6 JULI 2011 PENGUMUMAN HASIL RIKKES TAHAP II
      n) 7 JULI 2011 KIRIM HASIL RIKKES HAP II KE PANPUS
      o) 8 S.D. 11 JULI 2011 UJI KESAMAPTAAN JASMANI DAN HASILNYA LANGSUNG DIUMUMKAN
      p) 12 JULI 2011 KIRIM HASIL UJI KESJAS KE PANPUS
      q) 13 JULI 2011 PEMERIKSAAN ADMINISTRASI AKHIR
      r) 14 JULI 2011 PENGUMUMAN DAN KIRIM HASIL RIKMIN AKHIR KE PANPUS
      s) 14 S.D. 15 JULI 2011 PENDALAMAN PMK
      t) 15 JULI 2011 PERSIAPAN SIDANG TAP LULUS TK PANDA
      u) 16 JULI 2011 SIDANG TAP LULUS TK. DAERAH U/ TENTUKAN CALON YG AKAN IKUT 
      GIAT SELEKSI TK PUSAT DI AKPOL SEMARANG
      v) 16 JULI 2011 PANDA KIRIM DAFTAR NOMINATIF CATAR YG LULUS TK PANDA KE SET 
      PANPUS
      w) 20 JULI 2011 CATAR DISERTAI PERWIRA PENDAMPING TIBA DI AKPOL SEMARANG
       x) 21 JULI S.D. 16 AGUSTUS 2011 SELEKSI TK PANPUS MABES POLRI DI AKPOL SEMARANG
       y) 19 AGUSTUS 2011 PEMBUKAAN PENDIDIKAN CALON TARUNA DAN TARUNI AKPOL T.A. 
      2011
j. Persyaratan pendaftaran:   Calon wajib datang sendiri ke tempat pendaftaran (tidak boleh diwakilkan oleh   
   siapapun juga) dengan membawa Dokumen/Berkas Asli beserta 1 (satu) lembar fotokopi 
   yg telah dilegalisir dengan ketentuan sebagai berikut :
  
   1) Ijazah/STTB SD, SMP, SMU/MA jurusan IPA/IPS (fotokopi dilegalisir Dinas Pendidikan 
   Kodya/Kabupaten setempat atau sekolah).
   2) Bagi yg masih duduk di SMU/MA kelas III, melampirkan buku rapor kelas 3 semester 1 
   dan surat keterangan dari kepala sekolah.
   3) Buku rapor SD, SMP, SMU/MA (fotokopi dilegalisir dari kepala sekolah masing-masing).
   4) Daftar nilai HUAN (fotokopi dilegalisir dari Diknas Kodya/Kabupaten setempat atau 
   sekolah).
   5) Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat (lampirkan fotokopi 
   yg telah dilegalisir dari Polres yg menerbitkan).
   6) Akte kelahiran (lampirkan fotokopi yg telah dilegalisir dari Dinas Kependudukan 
   setempat) .
   7) Surat keterangan sehat dari institusi kesehatan di luar Polri seperti Puskesmas, rumah 
   sakit umum, dll. (lampirkan fotokopi yg telah dilegalisir).
   8) KTP atas nama pendaftar (yang telah berdomisili di wilayah hukum Polda Jawa Barat 
   minimal 1(satu) tahun, dgn tanggal penerbitan KTP minimal 19 Agustus 2010, lampirkan 
   fotokopi yg telah dilegalisir dari kecamatan setempat) atau surat keterangan serbaguna 
   dari Kelurahan/Desa bagi calon yg belum berusia 17 tahun.
   9) KTP orang tua/wali (lampirkan fotokopi yg telah dilegalisir dari kecamatan setempat).
   
   10) Kartu keluarga (lampirkan fotokopi yg telah dilegalisir dari kecamatan setempat).
   11) Pas foto berwarna ukuran 4 X 6 = 20 Lembar .
   12) Pas foto close up berwarna setengah badan menghadap ke depan ukuran poscard/3R 
   (dengan latar belakang berwarna merah) = 2 (dua) lembar dan bagi calon pelamar sumber 
    Brigpol menggunakan seragam PDH dgn latar belakang warna kuning.
   13) Seluruh berkas pendaftaran dimasukkan ke dalam 2 (dua) lembar map terpisah dengan 
    ketentuan sebagai berikut :
        a) 1 (satu) berkas Map yang berisi dokumen asli.
        b) 1 (satu) berkas Map yang berisi dokumen arsip/fotokopi.

    14) Tempat dan Waktu Pendaftaran
        a) Calon harus mendaftar/registrasi online ke www.penerimaan.polri.go.id kemudian 
        melakukan pendaftaran ulang ke seluruh Polres/Tabes jajaran Polda Jabar mulai 
        tanggal 10 Mei s.d. 3 Juni 2011 setiap hari kerja mulai pukul 07.30 s.d. 14.30 WIB.
        b) Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sekretariat Panitia Daerah Polda 
        Jabar Jl. Soekarno Hatta No. 748 Bandung 40613 Telp (022) 7811386/7800011/7800012

No comments:

Post a Comment